Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

4 Cara Riset Keyword Untuk Judul Artikel Tertarget 2020

4 Cara Riset Keyword Untuk Judul Artikel Tertarget 2020. Apa itu keyword dan bagaimana cara riset keyword yang benar serta apa manfaat riset keyword?. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas cara riset kata kunci yang paling mudah untuk anda yang masih pemula. Cara riset kata kunci yang saya bagikan kali ini sangat sering digunakan oleh para blogger master.

Kenapa harus riset keyword? Menulis artikel di website atau blog sangat berbeda dengan menulis buku cerita, teks dan buku cetak lainnya. Ketika menulis untuk sebuah buku cetak, maka bisanya penulis hanya fokus saja pada apa informasi yang akan disampaikan kepada pembaca. Tanpa harus memperhatikan keyword dalam penulisan.

Sedangkan, ketika ingin membuat sebuah artikel untuk dipublish ke website atau blog, maka pada artikel tersebut harus terdapat keyword. Hal ini dikarenakan artikel di website yang dicari melalui search engine akan ditampilkan berdasar keyword (kata kunci) yang diketik.

Google atau serach engine lainnya akan mencari semua artikel website yang berhubungan dengan kata kunci yang diketikan oleh pencari. Misalkan saja orang yang mengetikan kata kunci "Cara Riset Keyword" di google. Maka yang akan ditampilkan google adalah website-website yang membahas cara riset kata kunci (keyword). Atau artikel yang berhubungan dengan keyword tersebut.

4 Cara Riset Keyword Untuk Judul Artikel Tertarget 2020

Cara riset kata kunci sangatlah mudah. Anda bisa menggunakan tools riset keyword yang disedikan google atau lainnya. Google sendiri telah memberikan tools yang dapat dimanfaatkan oleh para blogger untuk riset keyword.

Google keyword planner adalah tools riset keyword yang diberikan google untuk para advertiser google ads. Namun, tools ini dapat digunakan oleh siapa saja, termaksud anda dan tanpa harus membayar sepeserpun.

Google keyword planner sangat banyak digunkan oleh para blogger karena data yang diberikan sangat akurat. Kita tau bahwa google merupakan serach engine yang paling banyak di gunakan oleh orang. Karena google salah satu search engine tercepat dan mampu memberikan hasil pencarian kurang dari 1 detik (Pada kecepatan internet normal).

Google keyword planner bukanlah satu-satunya tools riset keyword. Masih banyak lagi tools riset keyword yang dapat anda gunakan. Nah, pada kesempatan kali ini saya akan membagikan informasinya kepada anda. Jika anda penasaran maka simak pembahasan lengkapnya berikut ini.

1. Cara Riset Keyword Menggunakan Beranda Google

Untuk mengetahui kata keyword apa saja yang sering di cari orang maka kita bisa menggunakan beranda google. Ketika anda mengetikan suatu kata kunci pada serach engine google, maka google biasanya akan menampilkan kata kunci lainnya yang berhubungan. Kata kunci tersebut adalah kata kunci yang sering diketik oleh orang. Artinya kata kunci tersebut sering dicari oleh banyak orang.

Dengan membuat artikel menggunakan kata kunci tersebut, maka peluang artikel anda mendapatkan visitor yang banyak dari google akan semakin besar. Caranya sangat mudah, yaitu anda hanya perlu mengetikkan kata tertentu. Misalkan saja anda ingin membuat artikel tentang Cara Riset Keyword, maka google akan memberikan kata kunci lainnya yang relevan.

Cara Riset Keyword Untuk Judul Artikel Tertarget

Jika ingin riset keyword menggunakan beranda google maka anda harus berada pada mode Incognito. Hal ini agar keyword atau kata kunci yang ditampilkan adalah keyword yang sesungguhnya. Bukan keyword berdasarkan kata kunci yang tersimpan pada browser anda.

2. Google Keyword Planner

Setiap kata yang dituliskan di google serach engine, maka google akan menghitungnya menjadi 1 kata kunci (keyword). Kemudian semua keyword yang diketika di google akan diakumulasikan menjadi sebuah data volume pencarian.

Semakin banyak orang mengetikan atau mencari menggunakan kata kunci yang sama maka volume pencarian akan semakin besar. Oleh karena itu volume pencarian menjadi salah satu poin penting bahwa keyword tersebut banyak dicari oleh orang.

Artikel tertarget adalah artikel yang memiliki volume pencarian besar atau banyak dicari. Menggunakan keyword dengan volume pencarian besar dan kompetitor rendah maka peluang artikel menjadi page one akan sangat besar. Oleh karena itu anda harus benar benar riset keyword sebelum membuat artikel.

Google keyword planner adalah salah satu tools riset keyword yang sering digunakan oleh para blogger. Cara menggunakannya sangat mudah. Untuk lebih jelas, akan saya buatkan poin poin dibawah ini.
  1. Daftar Google Ads (karena google keyword planner adalah salah satu tools dari google ads. Search di google dengan kata kunci Google Ads atau langsung melalui url ads.google.com. Kemudian daftar menggunakan EmailAnda@gmail.com.
  2. Setelah berhasil mendaftar maka anda akan berada pada menu beranda Google Ads.
  3. Klik Tools atau Alat (dalam bahasa Indonesia).
  4. Pilih Google Keyword Planner.
  5. Pilih Temukan Kata Kunci Baru.
  6. Masukkan kata kunci yang ingin anda gunakan.
  7. Pilih bahasa sesuai bahasa artikel yang ingin anda buat. Saya contohkan bahasa Indonesia.
  8. Klik Dapatkan Hasil maka semua kata kunci lengkap dengan volume pencarian perbulan dalam rentang satu tahun, nilai cpc keyword, dan tingkat kompetitor.
  9. Anda bisa downlod dan eksport ke file csv.
Cara Riset Keyword Untuk Judul Artikel Tertarget 2020

Hasil riset keyword menggunakan google keyword planner

Cara Riset Keyword Untuk Judul Artikel

3. Cara Riset Kata Kunci Menggunakan Ubersuggest

Ubersuggest adalah salah satu tools riset keyword terbaik yang dapat anda gunakan. Tools ini memberikan informasi keyword, volume pencarian, cpc dan tingkat kompetotor dengan sangat akurat.

Hal ini membuat para blogger senang menggunakan tools yang satu ini. Cara menggunakannya sangat mudah. Anda hanya perlu mengakses halaman ubersuggest, masukkan kata kunci dan pilih bahasa kemudian enter.

Untuk mendapatkan fitur yang lebih lengkap maka anda bisa mengupgrade ke versi premium. Untuk versi biasa, setiap email hanya diberikan batar beberapa kali saja. Mungkin sekitar 10 kali penggunaaan, untuk pastinya silahkan mencoba. Kemudian anda harus tunggu 24 jam kemudian baru bisa menggunakannya lagi.
  1. Langkah pertama akses halaman https://neilpatel.com/ubersuggest/ atau serach di google dengan kata kunci ubersuggest.
  2. Masukkan kata kunci
  3. Pilih negara target kata kunci (Misalakan Indoensia)
  4. Klik Search, maka akan tampil semua kata kunci beserta volime pencarian tiap bulan, nilai cpc dan tingakt kompetitor.
Cara Riset Kata Kunci Untuk Judul Artikel Menggunakan Ubersuggest

Semua informasi yang diberikan oleh ubersuggest adalah informasi yang sangat anda butuhkan ketika membuat artikel.

4. Cara Riset Kata Kunci Menggunakan Ahrefs.com

Selain memberikan fitur premium ahrefs.com juga memberikan fitur yang power full untuk para blogger tanpa harus keluar duit. Ahrefs.com adalah salah satu website yang sering digunakan oleh para blogger untuk riset keyword. Ahrefs memberikan informasi yang sangat lengkap dan akurat sehingga banyak blogger yang rela mengeluarkan uang untuk upgrade ke premium.

Namun, anda tidak perlu khawatir. Ahrefs juga memberikan fitur uji coba yang dapat anda gunakan. Salah satunya fitur riset keyword. Dengan fitur uji coba riset keyword yang diberikan ahreft maka anda bisa mendapatkan infor volume pencarian dan tingkat kompetitor keyword tersebyt. Nah, jika anda penasaran bagaimana caranya silahkan ikuti langkah-langkah dibawah ini.
  1. Langkah pertama silahkan kunjungi halaman ahrefs.com.
  2. Scroll ke bawah dan cari fitur Keyword Generator.
  3. Masukkan kata kunci yang ingin anda ketahui.
  4. Pilih bahasa yang anda gunakan pada artikel.
  5. Klik find keywords.
  6. Klik verifikasi bukan robot, maka keyword beserta volume pencarian akan tampil.
Scoll ke bagian bahwa halaman ahrefs.com

Cara Riset Keyword Untuk Judul Artikel SEO

Cara Riset Kata Kunci Menggunakan Ahrefs

Cara Riset Keyword Menggunakan Ahrefs

Itulah artikel tentang 4 Cara Riset Keyword Untuk Judul Artikel Tertarget 2020. Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat kepada anda. Jangan lupa untuk share artikel ini kepada teman blogger anda. Agar mereka dapat membuat artikel dengan kata kunci yang tertarget. Sehingga artikel yang ditulis menjadi lebih mudah untuk dicari di serach engine. Akhirkata saya ucapkan terimakasih dan sampai jumpa kembali.

Post a comment for "4 Cara Riset Keyword Untuk Judul Artikel Tertarget 2020"