Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

7 Cara Membuat Website Sekolah Profesional Terbaik 2020

7 Cara Membuat Website Sekolah Profesional Terbaik 2020. Dizaman modern seperti saat ini, sekolah harus memiliki sebuah website. Karena disituasi dan kondisi seperti saat ini memaksa para siswa untuk belajar dari rumah. Nah, jika kita memiliki sebuah website maka akan lebih mudah siswa untuk mengakses materi yang akan dipelajari. Selain itu, dengan website maka siswa akan lebih terkontrol.

Secara tidak langsung siswa juga diajarkan tentang cara berinternet dengan baik, sehingga tidak gaptek dalam mencari informasi. Jika sebuah sekolah memiliki website maka semua tugas dapat diberikan melalui website dan dikumpulkan juga melalui website.

Memberikan dan mengumpulkan tugas diwebsite dapat diatur kapan siswa mulai mengerjakan dan kapan siswa harus mengumpulkan. Jika lewat waktu maka otomatis para guru bisa mengetahui bahwa siswa mana saja yang mengumpulkan, telat atau bahkan tidak mengumpulkan tugas. Bahkan tugas yang lewat waktu juga bisa diatur agar tidak bisa upload atau masuk daftar peringatan.

Dengan demikian maka siswa akan belajar bagaimana cara menghargai waktu dan mengerjakan tugas dengan tepat waktu. Dengan adanya website sekolah juga dapat mempromosikan sekolahnya dengan mudah melalui internet. Metode promosi menggunakan website sangat ampuh dan terlihat keren. Hal ini tentu mampu membuat banyak siswa dan orang tau tertarik untuk menyekolahkan anaknya disana.

Banyak yang tidak tau bahwa Cara Membuat Website Sekolah yang Profesional sangat mudah. Tidak membutuhkan banyak waktu. Yang dibutuhkan hanyalah hosting dan domain sebagai investasi untuk membuat sebuah website. Untuk mengisi konten website juga sangat mudah, yaitu dengan mengisi kejadian setiap hari atau even harian. Bisa juga diisi dengan pengumuman atau kegiatan kepala sekolah dan guru yang keluar bertugas.

Jika anda ingin membuat website sekolah namun tidak tau caranya, maka simak pembahasan lengkap berikut ini.

7 Cara Membuat Website Sekolah Profesional Terbaik 2020


7 Cara Membuat Website Sekolah Profesional

Cara Membuat Website Sekolah terbilang sangat gampang. Karena saat ini sudah tersedia platform builder untuk membuat website hanya 5 menit dan tersedia template profesional yang dapat langsung digunakan. Membuat website menggunakan platform builder maka anda tidak butuh pengetahuan koding sepeti php, html, css dan lainnya untuk membuat website.

Pada dasarnya untuk membuat website hanya memerlukan hosting dan domain. Memilih hosting untuk website seolah tidak perlu yang terlalu besar, 1 GB saja sudah cukup, akan tetapi jika suatu waktu website sekolah memiliki ribuan trafik maka anda bisa upgrade ke hosting yang 2 GB. Nah, jika anda penasaran tentang Cara Membuat Website Sekolah yang Profesional, maka simak 7 langkah dalam membuat web dibawah ini.

1. Menyiapkan Nama Untuk Judul Website Sekolah

Cara membuat website sekolah yang pertama adalah menyiapkan nama website yang unik. Maksunya adalah tidak ada yang dengan nama website tersebut. Hal ini bertujuan agar website sekolah menjadi lebih mudah untuk ditemukan dan menjadi brand dari sekolah tersebut. Untuk membuat nama website sekolah sangat mudah, caranya adalah dengan menggunakan nama sekolah ditambah nama kota. Dengan menggunakan nama sekolah sebagai judul, maka website tersebut akan mudah dicari baik oleh para siswa, guru, instansi dan masyarakat yang ingin mencari informasi seputar sekolah.

2. Menyiapkan Hosting dan Domain

Untuk membuat sebuah website, maka yang paling penting disiapkan terlebih dahulu adalah hosting dan domain. Hosting adalah lokasi server yang digunakan untuk menyimpan file-file berupa prgram, konten text, gambar, video dan file lainnya yang dimuat pada website. Hosting bisa anda ibarakan sebagai rumah di internet. Yang mana rumah tersebut dapat anda simpan barang-barang keperluan website.

Setelah hosting, maka yang berikutnya adalah domain. Domain ini fungsinya sama seperti alamat rumah. Ketika orang ingin mengunjungi sebuah rumah, tentu dibutuhkan sebuah alamat. Nah, domain adalah alamat atau url dari sebuah website yang dapat diakses untuk mencari informasi pada website tersebut.

Untuk sebuah website sekolah profesional maka direkomendasikan untuk menggunakan hosting dan domain berbayar. Karena sekolah lebih leluasa dan memegang kendali penuh atas website tersebut. Hal ini penting, karena memang informasi di website sekolah terkadang ada yang dirahasiakan dan hanya dapat diakses oleh orang tertentu.

Untuk cara membeli hosting dan domain pada dasarnya telah saya bahasa pada artikel sebelumnya. Coabalah membaca artikel tersebut untuk mendapatkan layanan hosting dan domain terbaik. Klik atai copy link berikut ini.

https://www.serambiwebsite.my.id/2020/07/pengertian-hosting-dan-domain-bagi-para.html

3. Memilih Platform Builder

Ada banyak sekali website platform builder yang dapat digunakan untuk membuat sebuah website. Misalkan saja platform wordpress, wix, jomla, drupal dan lainya. Untuk platform builder website yang paling sering digunakan di Indonesia dan disukai oleh banyak orang adalah platform Wordpress. Hal ini dikarenakan plaform ini sangat mudah, sederhana namun memiliki fitur fitur yang lengkap dan tersedia template default yang langsung dapat dipakai.

Saya merekomendasikan untuk membuat website menggunakan platform wordpress. Cara membuat website menggunakan plarform wordpress pada umumnya adalah sama. Pada artikel sebelumnya saya telah menjelaskan cera membuat website melalui cpanel dan membuat website menggunakan xampp.

https://www.serambiwebsite.my.id/2020/07/panduan-membuat-website-dari-awal.html

Pada artikel tersebut, saya telah menjelaskan secara lengkap panduan membuat website dan panduan menginstal plugin-plugin yang dibutuhkan. Silahkan kunjungi artikel tersebut dengan klik atau copy link diatas dan buka dihalaman baru browser yang anda gunakan.

4. Memilih Template Website Sekolah

Template website adalah desain sebuah website yang memisahkan antara konten artikel dengan menu-menu lainnya pada sebuah website. Sebuah template biasanya terdiri atas bagian home, header, footer, sidebar atau navbar, dan body (halaman konten). Home yang merupakan tampilan depan web yang palin pertama dilihat oleh seorang pengunjung.

Header adalah menu bagian atas sebuah website, biasanya terdiri atas judul website dan menu-menu yang mengarah pada konten atau kategori tertentu. Footer adalah menu bagian bawah yang biasa disini dengan kontak dan informasi sebuah website secara singkat. navbar adalah menu bagian samping sebuah website dan body adalah tempat untuk menampilkan konten pada sebuah website.

Ada banyak template yang dapat anda gunakan untuk website sekolah. Maka membutuhkan banyak waktu untuk mencarinya satu persatu. Oleh karena itu saya akan memberikan rekomenasi template website sekolah yang dapat digunakan.
  • HamroClass
  • Education Xpert
  • Education Way
  • Gurukul Education
  • Education Web
Jika rekomenasi diatas menurun anda tidak ada yang pas, maka silahkan mencarinya melalui menu template pada dasboard wordpress. Caranya cukup mudah, yaitu dengan klik menu appearance >> Themes >> Add Themes atau upload.

Cara Membuat Website Sekolah Profesional Terbaik 2020

5. Setting SEO Website Sekolah

Langkah selanjutnya adalah proses setting SEO untuk website sekolah. Tujuannya adalah agar website sekolah dapat ditemukan dengan mudah pada halaman pencarian google. Jadi, ketika ingin memiliki sebuah website maka tidak cukup hanya membuatnya, diperluan setting SEO website agar website tersebut bisa terindex oleh google.

Setingg SEO yang paling dasar adalah setting pada menu General, Reading dan Permalinks.

Cara Membuat Website Sekolah Profesional

Pada Menu General yang perlu disetting adalah :
  • Site Title atau Judul Website : Masukkan Nama Sekolah + Nama Kota untuk Judul
  • Tageline : Masukkan deskripsi website. Misalkan Media Berbagi Informasi Seputar Sekolah A.
  • Timezone : Pilih UTC + 7 atau time zone jakarta indonesia.
  • Pilih Date Format dan time format
  • Jangan Lupa Save.
Pada Menu Reading, yang perli disetting adalah:
  • Blog pages show at most atau julah postingan yang akan ditampilkan. Pilih 5 atau 10 agar tidak berat.
  • For each post in a feed, include pilih summery (atau ringkasan)
  • Klik Save
Pada Menu Permalinks, yang perlu disetting adalah:
  • Common Settings : Pilih Post Name (agar Lebih SEO).
  • Jangan Lupa Save.

6. Menyiapkan Elemen Penting Sekolah

Untuk membuat website sekolah maka dibutuhkan elemen-elemen pentung yang menjadi bahan pokok sebuah website sekolah. Elemen ini berisi seputar informasi sekolah, guru, matapelajaran, kontak dan lainnya. Untuk informasi lengkapnya silahkan simak pembahasan berikut ini.

  • Home Page : Halaman home page ini adalah halaman yang pertama dilihat oleh pengunjung atau pintu depan. Jadi, bualah pengunjung terkesan dengan laman pertama dan dapat mempengaruhi mereka untuk tau lebih jauh seputar sekolah tersebut. Masukkan logo sekolah, infor penting dan acara atau even yang ada disekolah.
  • About Page adalah halaman yang mencerikan informasi tentang sekolah, misalnya sejarah sekolah tersebut, likasi, sertifikasi dan prestasi yang pernah diraih oleh sekolah.
  • Courses Page adalah halaman yang menampilan mata pelajaran apa saja yang diajarkan pada sekolah dan seperti apa metode pembelajaran yang diajarkan.
  • Faculty Information adalah informasi sepuar lembafa, guru dan aggota terkait dalam sekolah tersebut.
  • Registration Form adalah form yang diguankan agar pengunjung dapat mendaftar menjadi anggota. Anda bisa mengatur siapa saja yang dapat mendaftar, apakah hanya guru, siswa atau para pengunjung publik.
  • Contact Person adalah halaman yang berisi informasi kontak seperti nomor hp, telp, email, fax dan kontak yang dimailiki sekolah lainnya.

7. Mengisi Website dengan Konten Harian dan Event

Untuk membuat website sekolah menjadi lebih informatif adalah dengan menambahakan informasi-informasi seputar peristiwa harian atau even yang sedang atau akan diadakan disekolah. Anda juga bisa memasukan informasi ketika siswa menang lomba atau prestasi tertentu.

Cara membuat kontennya juga tidak terlalu ribet, cukup dengan satu gambar dan sedikit deskripsi untuk menjelaskan apa yang sedang terjadi maka artikel sudah jadi. Atau jika memang tidak sempat hanya tinggal upload gambar dan judul saja.

Agar website sekolah lebih ramai dan terkenal maka buatlah devisi khusu untk mengelola website, misalkan membuat devisi multimedia yang dianggoatai para siswa dan setiap siswa serta dikontrol oleh guru maka membuat artikel kegiatan setiap hari menjadi lebih mudah.

Bila perlu setiap kelas membuat satu ulasan artikel review pelajaran saat itu, diseleksi guru sebelum dipublis maka dijamin website sekolah menjadi lebih produktif dan bisa-bisa menjadi viral. tentu ini adalah salah satu media promosi yang sangat mudah dilakukan. Selain itu para siswa juga terlati bagaimana cara menulis dan lebih kritis melihat segala sesuatu.

Itulah artikel tentang Cara Membuat Website Sekolah Profesional Terbaik 2020. Semoga artikel ini dapat bermanfaat. Jangan lupa untuk share artikel ini agar teman-tema lainnya bisa mengetahui cara membuat website sekolah. Dan tau bahwa membuat website sekolah sangat gampang.

Post a comment for "7 Cara Membuat Website Sekolah Profesional Terbaik 2020"