Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

13 Cara Membuat Artikel SEO Terbaru 2020 Khusus Untuk Anda

13 Cara Membuat Artikel SEO Terbaru 2020 Khusus Untuk Anda. Artikel SEO adalah salah satu cara untuk menduduki posisi pertama atau page one google. Artikel SEO bukan hanya dilihat dari segi search engine, akan tetapi juga Human Frindly. Kebanyakan orang salah memahami hal tersebut dan melihat dari salah satu sisi saja.

Ada yang melihat definisi artikel SEO dari sudut pandang search engine, sehingga mereka sibuk membuat artikel yang hanya untuk search engine saja, hanya mengandung keyword-keyword agar google bisa merekomendaskan website mereka tanpa tau artikel tersebut beramanfaat atau tidak. Ini disebut artikel untuk search engine dan tidak human friendly.

Artikel yang fokus untuk search engine tanpa memperhatikan kualitas artikel memang cepat menduduki peringkat pertama google. Akan tetapi, artikel seperti itu tidak dapat bertahan lama, karena google akan terus membaca kebiasaan orang yang membaca artikel tersebut.

Nah, jika pengunjung membuaka artikel dan ternyata tidak ada manfaat maka otomatis mereka langsung keluar dan ini menjadi sebuah penilaian yang buruk dan dicatat oleh google. Sehingga seiring waktu artikel artikel yang fokus untuk search engine akan cepat turun dan bahkan akan tengelam dan tidak ditampilkan lagi.

Ada yang melihat definisi SEO dari sudut pandang Human Friendly, artikel jenis ini adalah artikel yang berkualitas namun kurang SEO, karena kebiasaan blogger yang hanya menulis artikel tanpa riset kata kunci terlebih dahulu. Memang dari segi kualitas artikel seperti ini memberikan manfaat dan solusi bagi pembacanya. Akan tetapi mereka apakah artikel tersebut dibutuhkan oleh banyak orang atau tidak.

Artikel yang hanya Human Friendly dan tanpa melakukan riset kata kunci akan sangat lama menduduki posisi pertama google. Akan tetapi artikel seperti ini akan bertahan lama jika menduduki posisi page one. Terkadang artikel seperti ini cepat berada pada page one karena tidak sengaja keyword yang ada dalam artikel tersebut pas dan tertarget.

Kesimpulannya adalah ketika anda membuat artikel yang SEO dari sudut pandang search engine dan tidak human friendly maka artikel anda akan cepat berada pada posisi pertama namun sangat cepat jatuh dan merusak reputasi website atau blog.

Sedangkan jika anda membuat artikel yang Human Friendly dan tidak memperhatikan search engine (seperti riset keyword) maka membutuhkan waktu yang lama untuk artikel berada di page one google.

Oleh karena itu, Artikel SEO adalah artikel yang memperhatikan search engine yang mengandung keyword yang sudah di riset dan sangat bermanfaat bagi orang lain (human friendly). Maksudnya adalah artikel tersebut harus mengandung keyword-keyword yang sudah di riset sebelumnya dan memberkan manfaat berupa solusi atau informasi sesuai yang dibutuhkan oleh pembaca.

13 Cara Membuat Artikel SEO Terbaru 2020


12 Cara Membuat Artikel SEO Terbaru 2020 Khusus Untuk Anda

Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan kepada dan tetang bagaimana cara membuat artikel yang SEO, baik dari segi search engine dan kualitas artikel bagi para pembaca. Simak pembahasan lengkap berikut ini.


1. Lakukan Riset Keyword Utama yang Tertarget

Untuk membuat artikel yang SEO maka yang pertama harus dilakukan adalah melakukan riset kata kunci untuk judul artikel yang akan digunakan. Keyword yang tertarget adalah keyword-keyword yang banyak dicari oleh orang lain. Buat apa anda membuat artikel jika tidak ada yang membutkan artikel tersebut. Kecuali memang anda hobinya hanya menulis dan tidak ingin pusing apakah ada yang baca atau tidak.

Jika anda ingin membuar artikel untuk menghasilkan uang dari internet atau mendatangkan banyak trafik untuk bisnis anda maka yang perlu anda lakukan adalah riset kata kunci. Untuk melakukan riset kata kunci maka anda bisa menggunakan tools-tools yang ada di internet. Untuk cara riset keyword telah saya jelaskan pada artikel sebelumnya. Sialahkan klik atau copy link artikel di bawah ini.

https://www.serambiwebsite.my.id/2020/07/cara-riset-keyword-seo-untuk-artikel.html

2. Lakukan Riset Subjudul yang Mengandung Keyword

Jika anda ingin membuat artikel yang sangat panjang dan mengandung sub sub judul dan keyword turunan maka anda juga harus meriset keyword tersebut. Hal ini bertujuan agar anda tau bahwa keyword tersebut juga memiliki volume pencarian yang besar.

Dengan riset keyword ini maka anda bisa saja mendapatkan keyword yang sejenis atau semakna namun lebih banyak dicari atau diketik oleh banyak orang. Nah, itulah fungsi dari riset keyword, baik itu keyword untuk judul maupun untuk sub judul artikel anda.

Contohnya :

Keyword Utama : Cara Membuat Website Menggunakan Platform Wordpress.com

Keyword Turunan (sub judul yang bisa anda gunakana) :
  • Cara membuat website toko online
  • Cara membuat website sekolah
  • Cara Membuat website profil perusahaan
  • Dll.
Itu adalah contoh ketika anda ingin membuat artikel dengan kata kunci "Cara Membuat Website" maka anda bisa membuat subjudul-subjudul agar lebih panjang dan informasitif. Anda bisa membuat jenis artikel pilar dengan cara seperti ini, yang mana artikel utama hanya menjelaskan secara singkat dan artikel pendukung akan menjelaskannya lebih rinci.

3. Pastikan Kompetitor Judul Yang Sama Kurang dari 100 Orang

Maksudnya adalah ketika anda ingin membuat sebuah artikel maka pastikan bahwa judul yang anda buat unik dan tidak digunakan oleh orang lain, jikapun ada yang sama maka pastikan kurang dari 100 orang. Hal ini bertujuan agar Google membaca bahwa artikel anda adalah sesuatu yang baru dan unik, karena google menyukai konten-konten yang baru. Bagaimana cara mengetahui bahwa judul yang digunakan tidak sama dengan orang lain, maka anda bisa mengeceknya menggunakan teknik allintitle:(judul artikel).

Misalakan saya ingin membuat artikel dengan keyword "Cara Membuat Artikel SEO" maka untuk memastikan bahwa orang yang menggunakan judul yang sama kurang dari 100 dan bahkan tidak aada adalah dengan search di google dengan menambahkan allintitle:

12 Cara Membuat Artikel SEO Terbaru 2020

Dari gambar diatas dapat kita lihat bahwa, ketika menggunakan kata kunci "Cara Membuat Artikel SEO" maka jumlah kompetitor yang menggunakan judul tersebut adalah 1.120 website atau blog. Ini tentu jumlah pesaing yang sangat banyak apalagi jika pada halaman pertama terdapat website-website besar.

12 Cara Membuat Artikel SEO Terbaru 2020

Setelah memperkecil probabilitas kata kunci dengan menambahakan 13 Cara Membuat Artikel SEO Terbaru 2020 Khusus Untuk Anda maka julah pesaing menjadi tidak ada. Hal ini tentu saja sangat bagus bagi anda. Anda bisa langsung membuat artikel menggunakan judul tersebut. Namun, pastikan bahwa keyword utama berada di depan "Cara Membuat Artikel SEO".

4. Tulis Artikel Solusi atau Informasi yang Dibutuhkan

Nah, seperti yang telah saya jelaskan bahwa untuk membuat artikel SEO harus memperhatikan kualitas artikel atau dari sudut pandang Human Friendly. Setiap artikel yang anda buat dengan kata kunci yang sudah diriset sebelumnya maka pastikan teks atau informasi yang termuat dalam artikel sesuai dengan judul yang anda buat dan bisa menyelesaikan permasalahan dari pembaca. Jangan menggunakan judul yang klik bait tanpa memberikan manfaat. Hal ini tentu membuat pengunjung anda akan kecewa dan tidak akan mau berkunjung kembali.

 5. Tulis Artikel Dengan Optimal

Maksudnya adalah informasi yang termuat dalam artikel anda harus lengkap dan selengkap-lengkapnya. Jika anda menulis artikel dengan keyword tertentu maka dalam artikel tersebut anda juga memberikan informasi lainnya yang sesuai atau relevan dengan topik yang ingin dibahas.

Contohnya anda ingin membuat artikel tentang Apa Itu Website, maka anda juga harus menulis tentang subjudul yang terkait seperti apa itu hosting dan domain, apa saja website platform builder, cara membuat website, cara setting website dan cara mengatur template website.

Dengan demikian maka artikel anda menjadi sangat optimal. Ketika pengunjung datang, maka akan mendapatkan informasi yang komplite dan melebihi apa yang ingin ia ketahui. Tentu ini akan sangat bagus, karana pengunjung akan menandai bahwa website anda adalah website yang sangat lemkap dan detail.

6. Gunakan Minimal 1 Gambar

Artikel SEO harus memiliki minimal 1 gambar pada setiap artikel yang dibuat. Hal ini bertujuan untuk memberikan gambaran kepada pengunjung terkait topik artikel yang sedang dibaca. Anda juga bisa memberikan gambar berupa infografis agar pembaca lebih mudah menangkap informasi yang ada pada artikel. Google juga sangat menyarankan setiap artikel memiliki gambar dan bila perlu menambahkan sebuah video agar lebih SEO.

Jangan lupa untuk compress terlebih dahulu gambar yang ingin diupload, agar tidak memberatkan loading website atau blog. Untuk compress gambar anda bisanya gunakan website tinypng.com, website tersebut dapat mengompress gambar anda hingga 70% lebih dengan kualitas gambar yang tetap.

8. Masukkan Title dan Alt Text pada Gambar dengan Keyword

Menambahakan Title dan Alt Text adalah salah satu faktor yang mempengaruhi SEO sebuah website. Pada title dan alt text gambar harus terdapat keyword, biasanya saya menggunakan judul artikel yang sudah diriset sebelumnya untuk menjadi title dan alt text.

Hal ini biasa dilupakan oleh para blogger dan mengangap tidak ada manfaat, akan tetapi menambahakan Title dan Alt text dapat membuat website anda berada pada halaman pertama. Nah, gambar juga bisa saling bersaing dan menduduki peringkat pertama. Jika artikel anda tidak berada pada halaman pertama, maka gambar anda bisa berada di halaman pertama.

9. Manfaatkan Link Internal dan Eksternal

Untuk meningkatkan nilai SEO sebuah artikel website atau blog, maka anda juga harus menambahakan internal dan eksternal link. Internel Link adalah link yang mengarah pada artikel lain pada website anda, tentunya harus relevan (berhubungan) dengan artikel yang anda tulis. Misalakan anda saat ini sedang membuat artikel tentang apa itu SEO (yang anda jelaskan pada artikel adalah definisi dan macam-macam teknik SEO). Sebelumnya Anda telah membahas cara membuat artikel SEO pada artikel lainnya. Nah, anda bisa menambahakan internal link anatara kedua artikel tersebut.

Sedangkan eksternal link adalah link yang menuju keluar website atau blog. Ini biasanya menuju ke website-website besar seperti wikipedia. Eksternal link bertujuan sebagai referensi anda membuat sebuah artikel. Seperti anda membuat sebuah jurnal atau buku maka anda harus memiliki referensi dalam penulisan artikel. Nah, hal ini juga sangat dianjurkan oleh google.

10. Artikel Harus Original dan Layak di Baca

Yang paling penting dan terpenting adalah artikel yang anda buat harus original dan bauatan anda sendiri, menggunakan gaya bahasa sendiri dan hasil pemikiran sendiri. Untuk membuat artikel yang original bisa berasal dari pendapat atau pandangan anda sendiri berdasarkan pengalaman dan pemahaman atau dengan membaca artikel lain dan refensi pada buku lainnya. Anda juga bisa memperhatikan artikel website orang lain dengan mengumpulkan referensi dan meramunya menjadi satu artikel yang utuh.

Kemudian artikel tersebut harus layak dibaca, bukan artikel yang di spiner. Artikel spiner adalah artikel yang mengubah kata pada artikel dengan sinonim atau persamaan kata. Misalnya jika pada artikel orang lain menggunakan kata saya diganti dengan kata aku.

Nah, cara seperti ini membuat artikel anda sangat aneh dibaca, apalagi terdapat sinonim yang ambigu dan memiliki dua makna, maka artikel tersebut menjadi aneh dan tidak layak dibaca.

11. Menulis dengan Ikhlas

Menulis dengan ikhlas maksunya adalah anda membuat artikel harus benar-benar dari hati dan benar-benar ingin berbagi informasi dan solusi. Sehingga anda harus memastikan bahwa ketika pembaca membaca artikel anda, maka pembaca tersebut langsung mengerti dan solusi atau informasi yang dicari langsung didapat tanpa harus mencari di blog atau website orang lain. Menulis dengan ikhlas membuat anda merasa enjoy ketika membuat artikel, mau sepanjang apapun ketika ikhlas maka akan dilibas.

12. Perhatikan Keyword Density

Keyword density adalah kepadatan suatu keyword dalam sebuah artikel. Maksudnya adalah berapa kali keyword tersebut diulang pada artikel tersebut per jumlah total kata dalam artikel tersebut. Nilai keyword density yang ideal adalah antara 3% sampai 5%.

Cara menghitung keyword density adalah ((Jumlah Keyword yang diulang x Jumlah Kata dalam Keyword) / (Jumlah total kata dalam artikel)) x 100%.

Misalkan saja dalam artikel ini fokus keyword adalah "Cara Membuat Artikel SEO". Jika dihitung maka jumlah katanya ada 4 kata. Keyword "Cara Membuat Artikel SEO" pada artikel ini di ulang sebanyak 21 kali (termaksud pada title text gambar) dan jumlah artikel adalah 2050. Maka keyword density pada artikel ini adalah

Keyword density = ((21 x 4) / (2050)) x 100% maka density keyword kurang lebih 4%.

Maka artikel dengan keyword cara membuat artikel SEO ini memiliki density keyword sebesar kurang lebih 4%. Begitulah cara membuat artikel SEO dengan memperhatikan presentasi dari kepadatan keyword pada sebuah artikel. Pada subjudul dibahwa ini saya memberikan informasi sebuah website yang dapat anda gunakan untuk melihat score SEO nilai density keyword.

13. Pastikan Score SEO diatas 80


12 Cara Membuat Artikel SEO Terbaru 2020

Ketika anda membuat artikel untuk website atau blog maka pastikan score SEO artikel tersebut harus diatas 80. Bagaimana cara mengetahui score SEO dari artikel yang anda tulis. Nah, jika anda menggunakan website (wordpress) maka anda bisa menggunakan Plugin Yoast SEO. Anda bisa mengikuti kaidah atau aturan dari plugin tersebut untuk membuat artikel anda menjadi SEO.

Biasanya ada indikator lampu (marah, kuning dan hijau). Silahkan membuat semua indikator tersebut menjadi hijau. Namun, ada beberapa yang akan tetap kuning walaupun anda berusaha membuatnya menjadi hijau, maka biarkan saja.

Jika menulis artikel di platform blogger, bagaimaan mengecek score SEO dari artikel. Karena di platform tersebut tidak dapat menambahakan plugin. Nah, ada salah satu cara yang biasa saya gunakan, yaitu menggunakan website www.seoreviewtools.com/content-analysis/. Dengan website tersebut anda bisa mengecek secore SEO anda. Anda bisa mengeditnya agar nilai SEO menjadi diatas 80.

Itulah artikel tentang 13 Cara Membuat Artikel SEO Terbaru 2020 Khusus Untuk Anda. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk anda. Jangan lupa untuk share artikel ini kepada teman-teman blogger anda. Agar mereka juga mengetahui berapa mudahnya membuat artikel SEO dengan 13 cara yang telah saya bahas diatas.

Post a comment for "13 Cara Membuat Artikel SEO Terbaru 2020 Khusus Untuk Anda"