Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Panduan Membuat Website Dari Awal Hingga Akhir Untuk Pemula

Panduan Membuat Website Dari Awal Hingga Akhir Untuk Pemula. Website adalah lokasi pusat dari kumpulan-kumpulan halaman yang saling terkait dan dapat diakses melalui URL/alamat atau domain menggunakan browser internet.

Membuat sebuah website tentu hal yang sangat menguntungkan untuk saat ini, bahkan saya rasa semua orang mungkin harus memiliki sebuah website. Kenapa karena website adalah sebuah bentuk investasi jangka panjang yang dapat menghasilkan uang.

Sehingga tidak jarang orang mengatakan bahwa sebuah website adalah aset digital yang dapat menghasilkan.

Ada banyak cara yang dapat anda lakukan untuk menghasilkan uang dari internet, misalnya dengan berjualan online, mengikuti program afiliasi, solo publisher ads, google adsense dan masih banyak lagi.

Website menjadi trend promosi saat ini, karena para pengguna internet yang semakin meningkat. Ditahun ini pengguna internet di Indonesia mencapai 171 Juta orang dan 98% menggunakan google sebagai search engine.

Bagi seorang pebisni, melihat jumlah pengguna yang mencapai ratusan juta tersebut tentu merupakan sebuah peluang yang sangat besar untuk menghasilkan uang dari sebuah website.

Sebuah perusahaan atau bisnis atau apapun yang anda miliki, entah skil, pengetahuan dan lainnya yang bermanfaat, cobalah untuk membuat sebuah website untuk berbagi informasi dan pengalaman.

Kenapa ? Karena website menjadi salah satu media internet marketing yang populer saat ini.

Namun, untuk membuat sebuah website susah-susah gampang bergantung pada orangnya. Tentu bagi seorang IT atau orang yang sudah lama mengoprek-oprek cara membuat website tentu akan sangat mudah. Namun, bagi orang awam atau gaptek yang tidak pernah menggunakan internet tentu akan sangat sulit.

Kenapa ? Karena terkadang ketika kita bermain dengan internet, coding (HTML, Java dan CSS) terkadang menimbulkan error yang sedikit membuat kesal. Namun semua itu dapat diselesaikan dengan mudah.

Nah, pada kesematan kali ini saya akan berbagi kepada anda tentang panduan atau cara membuat website dari awal hingga akhir untuk pemula. Kita akan mulai mempelajarinya dari tingkat dasar hingga ketingkat yang ekspert.

Bagaimana sudah siap?, Oke untuk tidak memperpanjang kata maka mari kita mulai materi kita hari ini tentang cara bikin website dan apa saja yang harus disiapkan.

Cara Membuat Website
sumber gambar : pixabay.com

Panduan Membuat Website Dari Awal Hingga Akhir Untuk Pemula

Untuk dapat mahir dalam membuat sebuah website tentu kita harus mulai dari awal benget. Kita akan mulai belajar dari apa itu domain dan hosting, apa itu cpanel, apa itu wordpress dan seterusnya. Saya sengaja mulai dari awal agar anda benar-benar tau dan paham tentang website.

1. Apa itu Hosting dan Domain ?

Untuk mempermudah dalam pemahaman terkait hosting dan domain maka kita bisa menggunakan analogi rumah dan alamat. Hal ini sering digunakan oleh para internet marketer karena akan sangat mudah untuk dipahami.

Hosting dapat kita analogikan sebagai sebuah rumah. Yes, hosting diibaratkan sebagai sebuah rumah, yang mana terdapat kamar-kamar yang dapat disikan dengan benda-benda sesuai fungsinya. Kamar adalah kategiri websit yang anda buat, misalkan anda membuat sebuah kategori tentang "Informasi Terbaru" maka di kategori/kamar tersebut anda akan simpan semua artikel yang memiliki hubungan dengan informasi terkini.

Sedangkan domain adalah alamat rumah atau alamat dari hosting anda. Bagaimana cara orang tau dan dapat mengunjungi rumah anda ?  Maka diperlukan sebuah alamat, nah domain adalah alaman sebuah website yang terkadang dapat mencerminkan isi dari artikel tersebut. Misalnya website ini serambiwebsite.my.id adalah website yang akan fokus membahas cara membuat sebuah website dan berbagi informasi seputar web.

Penggunaan domain sebagai alamat sebuah website bertujuan untuk mempermudah orang dalam mengingat alamat/url website anda. Karena sejatinya alamat sebuah website adalah berupa kumpulan dari angka atau alamat IP yang susah untuk diingat. Dengan adanya domain maka kita dapat mebuat alamat website sesuai apa yang diinginkan.

2. Bagaimana cara mendapatkan Hosting dan Domain ?

Untuk mendapatkan sebuah alamat hosting dan domain maka anda perlu menginvestasikan uang anda dalam membuat sebuah website. Ada banyak sekali provider yang menyediakan hosting dan domain. Salah satunya adalah niagahoster. Untuk melihat Harga Hosting dan Domai kunjungi halaman berikut Niagahoster.co.id. Nah, untuk mendapatkan diskon 5% dari niagahoster gunakan kupon "MozaikHosting".

Kenapa saya merekomendasikan niagahoster, karena niagahoster adalah penyedia hosting dan domain yang berkualitas. Jika anda menggunakan hosting dari niagahoster untuk website anda maka website anda tidak akan lemot. Hal ini sudah terbukti.

Anda banyak paket hosting personal, karena anda akan mendapatkan diskon 75% dari niagahoster. Selain itu paket hosting personal sudah sangat cukup untuk website anda. Jika suatu saat trafik yang datang ke blog anda banyak maka anda dapat melakukan upgrade hosting agar website anda tidak lemot.

Itulah seputar hosting dan domain, silahkan membelinya melalui link dan kupon diatas karena anda akan mendapatkan diskon tambahan. Lumayan Bukan!

3. Cara Membuat Website Menggunakan Wordpress Bagi Pemula

Untuk cara membuat website sangat mudah, anda dapat menggunakan wordpress sebagai platform untuk bikin website. Wordpress adalah platform untuk membuat website yang sangat terkenal di Indonesia dan bahkan di dunia.

Cara membuat website menggunakan wordpress sangat mudah anda hanya perlu masuk ke cpanel menggunakan alamat url dan password yang diberikan oleh penyedia hosting dan domain atau tempat anda beli hosting dan domain. Kemudian klik linstal website dan website anda jadi, nah begitu mudah proses pembuatan website sehingga semua orang dapat membuatnya.

Untuk cara membuatnya silahkan klik link berikut ini : Cara Membuat Website Sendiri Dengan Platform Wordpress dalam 5 Menit

4. Cara Membuat Website Menggunakan XAMPP

Ada dua cara membuat sebuah website, yaitu secara online atau offline. Jika secara online maka anda bisa langsung menginstal sebuah platform website di hosting anda. Sedangkan jika anda ingin membuat website secara offline maka anda bisa membuatnya tanpa perlu hosting terlebih dahulu, akan tetapi tetap pada akhirnya anda membutuhkan hosting dan domain.

Membuat website menggunakan XAMPP artinya kita membuat website di locallhost atau di komputer anda sebagai hosting. Setelah website jadi, baru anda publish website tersebut ke hosting untuk dionlinekan agar dapat diakses oleh semua orang yang anda izinkan.

Manfaat membuat website menggunakan xampp adalah anda bisa belajar dan mendesain terlebih dahulu website yang ingin anda buat. Nah, setelah semua sistem telah jadi maka anda bisa langsung mengonlinekkannya. Membuat website di locallhost menggunakan xampp biasanya dilakukan ketika membuat website dengan sistem yang kompleks, seperti website toko online, yang harus mengintegrasikan sistem pembayaran, ongkos kirim, jumlah produk dan lainnya.

Dengan xampp maka anda bebas bereksperimen terlebih dahulu, mendesain tampilan menjadi lebih bagus dan responsive kemudian dionlinekan. Cara Membuat website menggunakan xampp telah saya jelaskan pada artikel lainnya. Silahkan kunjungi artikel tersebut melalui link berikut ini.

Baca Juga : Cara Membuat Website Menggunakan XAMPP

5. Apa Itu Plugin dan 3 Cara Instal Plugin pada Website

Plugin adalah tools yang dapat anda tambahakan pada sebuah platform website untuk menambah fungsi dari program utama website tersebut. Misalnya sebuah website hanya memiliki fungsi untuk menulis membuat konten berupa artikel, dengan adanya plugin maka kita bisa membuat sebuah website menjadi toko online, membuat website membership dan meningkatkan optimasi website di search engine. Oleh karena itu plugin menjadi salah satu elemen penting dari sebuah website. Nah, bagi anda yang ingin tau cara menginstal sebuah plugin, anda bisa membacanya melalui link dibawah ini.

Baca Juga : Cara Instal Plugin WordPress dan Apa Itu Plugin

6. Manfaat Membuat Website

Ketika seseorang atau suatu perusahaan maupun organisasi membuat sebuah website, tentu memiliki sebuah tujuan yang jelas. Entah itu hanya sekedar hobi, berbagi informasi, menyimpan informasi di internet agar suatu waktu bisa baca kembali, membuat website untuk bisnis, profil perusahaan dan lain sebagainya. Nah, manfaat dari membuat sebuah website telah saya jelaskan secara lengkap pada artikel lainnya, silahkan kunjungi artikel tersebut melalui link:

Baca Juga : Manfaat Website Untuk Bisnis Online, Masyarakat dan Perusahaan

7. Memilih Template Website Sederhana Namun Powerfull

Memilih sebuah template menjadi salah satu hal penting ketika membuat website. Anda bisa membuat template sendiri atau menggunakan template yang telah ada. Nah, jika anda menggunakan wordpress maka ada banyak sekali template keren yang dapat anda gunakan. Untuk melihatnya satu persatu tentu akan sangat lama, oleh karena itu berikut kami rekomendasikan kepada anda 10 template website terbaik untuk anda.

Baca Juga : 10 Template Website Sederhana Namun Powerfull Untuk Google Adsense

8. Membuat Artikel SEO

Setelah membuat website maka langkah selanjutnya adalah mengisi website tersebut dengan konten atau artikel yang original. Akan tetapi membuat artikel yang original saja tidak cukup untuk bersaing di google. Anda perlu membuat artikel yang original dan SEO serta bermanfaat bagi orang lain. Dengan begitu maka artikel anda akan dapat bersaing di page one dan bisa-bisa menduduki page one google. Untuk membuat artikel SEO tela saya bahsa sebelumnya : 13 Cara Membuat Artikel SEO

9. Daftar Google Seach Console

Membuat sebuah website tidak hanya sekedar membuat artikel, akan tetapi memastikan dengan betul bahwa artikel tersebut telah submit dengan benar. Untu membuat sebuah artikel atau website lebih cepat terindex maka penting bagi seorang blogger untuk submit artikel di webmaster tools.

Google sendiri memiliki tools webmaster untuk memudahkan artikel cepat terindeks. Untuk menggunakan tools ini maka anda harus telebih dahulu mendaftar. Cara daftar google search console untuk website dan juga blog telah saya bahsa pada artikel berikut ini.

Baca Juga : Cara Daftar Google Search Console Untuk Website dan Blog

Itulah artikel tentang Panduan Membuat Website Dari Awal Hingga Akhir Untuk Pemula. Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat kepada anda. Jika ada pertanyaan maka silahkan tulis dikolom komentar. Kami akan menjawab pertanyaan anda semampu kami. Jangan lupa untuk share artikel ini kepada teman-teman anda.

Judul Artikel : Panduan Membuat Website Dari Awal Hingga Akhir Untuk Pemula
Penulis : romi.

Post a comment for "Panduan Membuat Website Dari Awal Hingga Akhir Untuk Pemula"