Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Riset Keyword SEO Untuk Artikel Website dan Blog

Cara Riset Keyword SEO Untuk Artikel Website dan Blog. Membuat sebuah artikel untuk dipublish ke website atau blog tidaklah mudah sebelum membaca artikel ini. Anda harus benar-benar menulis artikel dengan sangat tertarget agar artikel yang anda buat mendapatkan banyak pengunjung. Hal ini dikarenakan artikel di internet sangat banyak yang membahasnya.

Saat saya membuat artikel ini saja, pesaing untuk artikel ini dengan kata kunci "Cara Riset Keyword" memiliki pesaing atau kompetitor sebanyak 1.960 halaman. Artinya bahwa untuk menjadi nomor satu dengan keyword tersebut tidaklah mudah. Anda harus benar membuat artikel tersebut sangat tertarget.

Apa maksud dari artikel yang sangat tertarget? Artikel tertarget maksudnya adalah artikel yang berkualitas dan dibaca oleh banyak orang. Misalkan anda membuat artikel tentang cara membuat website, ketika pengunjung artikel tersebut sangat kecil artinya artikel yang anda buat belum tertarget. Baik dari segi kata kunci (keyword) pada judul, artikel, deskripsi, gambar, serta kepadatan kata kunci yang masih kurang maksimal. Untuk membuat artikel yang tertarget maka kita harus melakukan riset keyword terlebih dahulu.

Manfaat Riset Keyword


Cara Riset Keyword SEO Untuk Artikel Website

Apa manfaat riset keyword untuk sebuah artikel website? Manfaat dari riset keyword adalah kita akan mengetahui informasi tentang jumlah orang yang mencari kata kunci yang kita targetkan. Dengan mengetahui jumlah atau volume pencarian dari keyword maka kita tau bahwa artikel tersebut dibutuhkan oleh banyak orang atau tidak

Misalkan ketika anda menargetkan sebuah keyword, namun yang membutuhkan artikel dengan keyword tersebut sedikit dan kurang dari 100 orang maka lebih baik anda mencari keyword yang lain dengan volume pencarian diatas 500 orang. Dengan begitu maka peluang anda mendapatkan pengunjung akan sangat besar.

Apa lagi jika kata kunci tersebut sangat banyak dibutuhkan oleh orang. Misalkan sebuah dengan keyword cara membuat website adalah sebanyak 27.000 orang rata-rata untuk setiap bualnnya. Maka peluang artikel anda dibaca akan sangat besar, dibandingkan dengan keyword yang volume pencariannya sedikit.

Akan tetapi untuk mendapatkan pengunjung yang banyak harus didukung juga dengan artikel yang berkualitas. Artikel yang memberikan manfaat atau solusi bagi setiap pembacanya. Ditambah dengan keyword yang tertarget maka artikel tersebut akan tambah power full.

Cara Riset Keyword SEO Untuk Artikel Website dan Blog

Untuk cara riset sebuah keyword maka kita membutuhkan sebuah tools atau website yang menyediakan layanan tersebut. Nah, pada kesempatan kali ini saya akan memberitahukannya kepada anda apa saja tools yang dapat anda gunakan untuk riset keyword, simak pembahasannya berikut ini.

1. Menggunakan Search Google


Cara Riset Keyword SEO Untuk Artikel Website dan Blog

Google adalah salah satu mesin pencarian yang paling banyak digunakan. Setiap kata kunci yang diketikan di google maka kata tersebut akan disimpan dan diakumulasikan seluruhnya menjadi sebuah data volume pencarian. Data volume pencarian tersebut menunjukan berapa banyak orang yang mengetik sebuah keyword dalam kurun waktu satu bulan.

Misalkan saja ketika ada yang mencari di google menggunakan keyword "cara membuat website", maka google akan menghitung sebuah orang tersebut. Artinya bahwa data volume pencarian yang diberikan oleh google sangat akurat. Maka dari itu tools pertama yang dapat anda gunakan adalah dengan memanfaatkan menu search google.

Contohnya ketika anda mengetikan keyword cara membuat website maka akan tampil rekomendasi keyword lainnya yang terkait. Semua keyword tersebut dapat anda jadikan sebagai sebuah ide artikel. Kenapa? karena kata kunci tersebut adalah yang sering di cari .

2. Google Keyword Planner

Cara riset keyword berikutnya adalah menggunakan tools dari google, yaitu google keyword planner. Tools ini disediakan oleh google untuk para pengikan. Namun, tools ini juga dapat kita gunakan untuk mencari informasi tentang keyword. Untuk menggunakannya anda harus terlebih dahulu mendafta ke Google Ads. Ya, karena memang tools ini dibuat untuk para pengikan google untuk mencari target keyword atau market untuk iklan. Nah, tools ini sering digunakan oleh para blogger, karena data yang disediakan sangat akurat.

3. Menggunakan Ubersuggest

Cara riset keyword yang berikutnya adalah menggunakan Ubbersuggest. Tools ini adalah salah satu tools yang sering digunakan oleh para blogger. Karena cara aksesnya sangat mudah, anda hanya perlu membuka websitenya, masukkan kata kunci, pilih negara target dan search keyword. Maka anda akan mendapatkan banyak sekali informasi seputar volume pencarian rata-rata perbulan, nialai CPC, tingkat kompetitor dan grafik trend keyword. Nah, dengan tools ini maka kita akan tau bahwa apakah keyword yang ingin ditarget banyak dicaro oleh orang atau tidak.

Itulah artikel tentang Cara Riset Keyword SEO Untuk Artikel Website dan Blog. Semoga artikel ini dapat memebrikan manfaat kepada anda. Jangan lupa untuk share artikel ini kepada teman-teman anda, agar mereka juga mengetahui cara riset keyword untuk membuat sebuah artikel website maupun blog.

Post a comment for "Cara Riset Keyword SEO Untuk Artikel Website dan Blog"